KPK Periksa Istri Wali Kota Medan Nonaktif

JAKARTA | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan akan memeriksa Rita Maharani Dzulmi Eldin, istri dari Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin.

Ia akan diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahan Kota Medan tahun anggaran 2019. Rita dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Kadis PUPR non aktif Kota Medan Isa Anshari.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi tersangka Isa Ansyari,” kata Plh. Kepala Biro Humas KPK Chrystelina GS, Senin (11/11/2019).

Dalam kasus ini, Dzulmi dijerat sebagai tersangka karena diduga menerima uang total sebesar Rp 580 juta dari Isa Ansyari. Uang diduga diberikan dalam beberapa tahap.

KPK menduga salah satu peruntukan uang itu guna menutupi perjalanan dinas Dzulmi pada Juli 2019 yang membengkak. Sebab, Dzulmi diduga melakukan perjalanan dinas ke Jepang dengan mengajak keluarganya, bahkan melebihi batas waktu.

Dzulmi disebut turut membawa istri, kedua anaknya, serta beberapa orang lain yang tak berkepentingan. Dalam masa perpanjangan liburan itu, Ia juga diduga didampingi Kasubbag Protokol Pemkot Medan, Syamsul Fitri Siregar. [***]